Inilah Penyebab Jerawat Pada Dewasa

Pada saat usia remaja seringkali kita mengalami masalah jerawat kecil di daerah dahi atau yang kita kenal dengan sebutan beruntusan. Beruntusan di dahi seringkali terjadi saat umur 10 - 15 tahun hal itu merupakan hal yang sudah biasa karen disebabkan oleh faktor pubertas. Biasanya ketika umur bertambah kondisi beruntusan akan berkurang atau akan menghilang dengan sendirinya. Sekitar 90 %  kebanyakan orang mengalami jerawat pada saat pubertas dan biasanya pada wanita akan muncul kembali pada saat hamil atau melahirkan hal ini basanya disebabkan oleh faktor hormonal. Dari beberapa kasus yang sering kali terjadi pada saat umur 30 atau 40 kita juga sering mengalami jerawat hal ini yang disebut sebagai Adult Acne.


Umumnya penyebab jerawat disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit di wajah,berlebihanya produksi minyak, disebabkan oleh bakteri, dan tentu saja faktor hormonal. Pada Adult Acne penyebab utama disebabkan oleh faktor hormonal. Pertanyaan yang sering muncul mengapa faktor hormonal menjadi penyebab utama pada Adult Acne ?. Penyebab utamanya adalah hormon testosteron (androgen) meningkat dan tentu saja mengakibatkan produksi minyak berlebihan di kulit wajah. Selanjutnya minyak di wajah akan bercampur dengan sel kulit mati dan terjebak dengan bakteri di dalam pori - pori kulit.  Pada saat remaja jerawat seringkali muncul pada daerah dahi sedangkan pada kasus Adult Acne jerawt sering muncul di daerah pipi dan rahang. 

Faktor lain penyebab Adult Acne biasanya disebabkan oleh kecemasan yang berlebihan atau biasa yang kita sebut stress. Perasaan cemas yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat yang memicu hormon kortisol yang fungsinya sama dengan testosteron yaitu meningkatkan produksi minyak di wajah.



Cara yang paling mudah untuk mengatasi jerawat terutama Adult Acne adalah dengan cara menggunakan toner yang mengandung AHA atau BHA secara rutin dan teratur yang berfungsi untuk mengangkat semua sel kulit mati. Kulit yang bersih akan memproduksi minyak dalam jumlah yang alami. sehingga mencegahnya tersumbatnya pori - pori kulit wajah. Kandungan AHA ataupun BHA  dapat mengankat sel kulit mati secara tuntas. Jika menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA untuk jerawat jangan lupa untuk menggunakan toner yang berfungsi melembabkan setelahnya.

Komentar